Manfaat dan Khasiat Kunyit

Manfaat dan Khasiat Kunyit - Kunyit yang memiliki warna khas kuning adalah salah satu jenis rempah yang mudah didapatkan di wilayah Asia. Selain banyak digunakan untuk bahan pelengkap masakan, kunyit juga banyak diolah menjadi minuman jamu yang digemari masyarakat, khususnya daerah Jawa. Ia memiliki rasa yang masam-masam manis, menyegarkan, serta membuat tubuh menjadi lebih bugar setelah meminumnya. Tidak hanya itu, masih banyak lagi manfaat dan khasiat kunyit seperti yang dipaparkan dalam point-point berikut ini :

Manfaat dan Khasiat Kunyit


1. Obat Tifus
Tifus adalah penyakit turunan dari mag yang tidak diobati dengan baik. Bila dibiarkan lebih lanjut, penyakit tifus ini akan berkembang lagi menjadi penyakit liver. Untuk mengobatinya, kunyit bisa diolah menjadi obat yang manjur bila anda mencampurnya dengan daun sere dan daun sambiloto. Caranya, kupas kunyit terlebih dulu, kemudian irislah pipih-pipih. Setelah itu, masukkan ketiga bahan ke dalam lumbung atau cobek, kemudian haluskan. Setelah itu, masukkan racikan yang telah halus ke dalam sebuah wadah dan tambahkan air panas. Aduk hingga merata, kemudian saring dan minumlah ramuan selagi hangat. 

2. Obat Luka Bakar
Kunyit memiliki kandungan anti-septik yang cukup banyak. Meminum jamu kunyit secara rutin dapat meningkatkan imunitas di dalam tubuh anda, sehingga ketika anda mengalami luka, kulit akan memperbaiki diri dengan lebih cepat. Dalam hal ini, manfaat dan khasiat kunyit dapat anda nikmati setelah mengolahnya dengan madu, telur, dan air. Caranya, rebuslah racikan jamu kunyit terlebih dulu. Setelah ditiriskan beberapa menit dan airnya menghangat, masukkan madu sebagai pemanis dan aduk-aduklah hingga merata. Selanjutnya, masukkan telur mentah ketika air sudah dingin. Bila anda meminum ramuan ini, tidak hanya luka bakar yang dapat sembuh dengan cepat, melainkan tubuh anda akan semakin berstamina.

3. Suplemen Tubuh
Mengolah kunyit untuk dijadikan sebagai suplemen tubuh adalah pilihan yang tepat. Kunyit yang memiliki kandungan kurkumin cukup banyak dapat berkhasiat sebagai bahan pelancar pencernaan. Dengan begitu, anda tidak akan mengalami sembelit dan perut kembung lagi. Namun, khasiat yang satu ini tidak disarankan untuk anda yang mengidap penyakit kandung empedu. Hal ini karena kunyit dapat berreaksi buruk dengan tubuh dan justru akan membahayakan kesehatan anda. 

4. Obat Sariawan
Sariawan sering diderita oleh orang yang hobi mengkonsumsi makanan berminyak. Oleh karena itu, jika anda ingin terbebas dari penyakit panas dalam ini, anda bisa membuat ramuan jamu kunyit dengan menambahkan gula merah. Cara membuatnya, kupas dan cuci kunyit hingga tidak ada bekas tanah. Kemudian, parut atau iris-irislah kunyit hingga pipih. Setelah itu, rebus kunyit dengan segelas air hingga warnanya berubah menjadi kuning. Setelah mendidih, tambahkan gula merah dan aduk hingga manisnya merata. Untuk mendepatkan manfaat dan khasiat kunyit ini, terlebih dulu anda harus menyaringnya.

sumber : http://www.manfaatdankhasiat.com/2014/03/macam-manfaat-dan-khasiat-kunyit-bagi.html