Jokowi Saja Minum Jamu! Minuman Asli Indonesia yang menyehatkan


Aktivitas yang padat menjelang pemilihan presiden membuat Joko Widodo (Jokowi) harus menjaga ekstra kebugaran tubuhnya. Di sela-sela kesibukannya itu ternyata mantan wali kota Solo itu suka meminum jamu beras kencur. 
Bahkan menjelang acara konferensi pers di depan ruang medical check up Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jokowi bersama pasangannya, Jusuf Kalla, menyempatkan waktu untuk meminum jamu. 


''Kami berdua masih segar sore ini, meskipun sudah berjam-jam menjalani pemeriksaan kesehatan. Tadi juga minum jamu beras kencur supaya lebih sehat,'' kata Jokowi, Kamis (22/5).

Jamu yang diminum oleh kedua pasangan ini berasal dari seorang ibu penjual jamu. Mereka meminumnya setelah melewati tes kesehatan yang melelahkan. 
''Saya dan Pak JK mulai menjalani pemeriksaan atau tes kesehatan mulai pukul 07:30 hingga pukul 17:30 WIB, dengan diperiksa oleh sekitar 80 dokter, perawat dan lain-lain,'' tutur Jokowi.

Jadi, ujar Jokowi, untuk memeriksa dua orang, total jumlahnya ada kurang dari 130 orang yang terlibat dalam pemeriksaan ini.

Jokowi mengakui pemeriksaan kesehatan kali ini sangat detail sekali, jauh lebih detail dari empat kali pemeriksaan sebelumnya, saat menjadi walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta.